Apasih ? Nama-Nama Logam yang Lebih Mahal Dari Emas

Emas terkenal dengan harganya yang stabil dan mahal, selain itu jenis logam mulia ini juga sangat sulit ditemukan. Namun masih ada jenis yang lainnya yang harganya ternyata jauh lebih mahal dari emas. Berikut ini jenis logam tersebut.

  • Francium

Jenis logam mulia yang dijual dengan harga paling fantastis adalah francium. Logam ini adalah logam yang sangat reaktif, dimana hanya dapat bertahan selama 22 menit saja setelah dibentuk di dalam laboratorium. Setelah itu logam tersebut akan menguap. Francium dijual seharga Rp 13 triliun per gramnya.

  • Karbon

Ada beberapa jenis karbon yang dengan mudah ditemukan seperti batu bara dan grafit, dimana harganya juga tidak mahal. Namun karbon yang dihargai mahal adalah ketika atom karbon di daur ulang, dan menjadi karbon murni dengan bentuk yang padat. Karbon ini juga merupakan salah satu unsur pembentuk berlian. Per gramnya karbon murni tersebut dijual seharga Rp 877 juta.

  • Plutonium

Plutonium adalah salah satu jenis logam mulia berat yang dipilih sebagai bahan utama untuk pembuatan senjata nuklir beserta reaktornya. Karena logam mulia ini dapat mempertahankan reaksi berantai yang ditimbulkan oleh nuklir, sangat radioaktif dan juga memiliki sifat menghancurkan.

Logam ini tidak ditambang dari alam, melainkan dapat ditemukan dan diuraikan dari biji uranium. Plutonium dijual seharga Rp 54 juta  per gramnya.

  • Lanthanum

Tidak seperti tekstur umum dari logam mulia, jenis logam mulia lanthanum justru sangat lembut dan dapat dipotong dengan menggunakan pisau dapur. Walaupun keberadaannya tergolong langka dan cukup mahal, akan tetapi logam ini tidak memiliki banyak kegunaan.

Lanthanum memiliki senyawa yang dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, beberapa diantaranya adalah menjadi katalisator, lampu busur karbon yang digunakan dalam lampu dengan cahaya sangat terang seperti lampu studio dan lampu proyektor, dan kegunaan lainnya. Per gramnya logam ini dihargai Rp 864 ribu.

  • Platinum

Logam yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat hebat terhadap proses korosi, termasuk dalam lingkungan dengan suhu yang sangat tinggi. Sayangnya jumlahnya sangat langka dan hanya beberapa ton saja yang dapat dijual dari pertambangan setiap tahunnya.

Selain dimanfaatkan untuk bahan berbagai perhiasan, platinum juga digunakan dalam industri mobil, kedokteran, hingga industri obat-obatan. Logam ini di jual seharga Rp 810 ribu per gramnya.

Secara keseluruhan, logam mulia memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan dalam berbagai bidang. Mulai dari manfaat sebagai bahan untuk memproduksi barang-barang sederhana seperti kaca, hingga bahan penting untuk berbagai kegiatan militer seperti pembuatan senjata dan roket astronot. Setiap logam mulia memiliki struktur dan sifat uniknya masing-masing, karena itu bidang pemanfaatannya juga sangat beragam.

Karena kelangkaan serta kesulitannya yang tinggi untuk mendapatkan berbagai logam yang eksklusif ini, harganya juga tidak murah. Bahkan ada beberapa jenis logam yang dijual dengan harga fantastis, melebihi emas, walaupun kegunaannya juga tidak terlalu banyak.

Logam mulia juga merupakan pilihan yang sangat baik sebagai investasi jangka panjang. Walaupun tidak dapat langsung dirasakan hasilnya, akan tetapi investasi ini resiko kerugiannya juga kecil mengingat harga dari logam itu sendiri yang cederung stabil. Bahkan sangat mungkin selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan sumber yang semakin menipis dan permintaan pasar yang masih tinggi, mengakibatkan logam ini mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu.

Sumber : VNCO

POST REPLY